Serial Film Horror : The Conjuring Universe

Siapa sih yang gak tau film horror The Conjuring?  Pasti tau kan?

Urutan Film The Conjuring Universe

The Conjuring Universe adalah sebuah waralaba film horor Amerika dan alam semesta bersama yang berpusat pada serangkaian film horor supernatural. Franchise ini diproduksi oleh Warner Bros. Entertainment dan terdiri dari beberapa film, yaitu tiga film Conjuring, tiga film Annabelle, The Nun dan The Nun 2, dan The Curse of La Llorona. Dua film mendatang juga telah dikonfirmasi akan tayang yaitu: The Conjuring 4 (TBA) dan The Crooked Man (TBA). 

Agar kalian tidak penasaran dan lebih memahami alur ceritanya, berikut ini adalah urutan film The Conjuring Universe secara kronologis:

1. The Nun (2018)

The Nun tahun 2018 menjadi film paling awal jika menonton serialnya secara kronologis. Berlatar di Rumania sekitar tahun 1952, film ini berpusat pada biarawati iblis Valak (Bonnie Aarons), yang mengintai di lorong-lorong sebuah biara terpencil. Iblis yang lebih dikenal oleh penggemar sebagai The Nun pertama kali muncul di The Conjuring  2 (2016) sebagai antagonis utama.

2. Annabelle: Creation (2017)


Pada 2017, Annabelle menerima prekuelnya sendiri yang sebagian besar terjadi pada tahun 1955. Ini menjadikannya judul kedua dari urutan kisahnya berdasarkan latar waktu. Annabelle: Creation merinci bagaimana boneka terkenal itu menjadi kerasukan dan mengikuti sekelompok gadis yatim piatu yang secara tidak sengaja melepaskan kejahatan kuno dan kemudian dipaksa berjuang untuk hidup mereka. 

3. The Nun 2 (2023)


Berlatar di Prancis, empat tahun lalu setelah film The NunThe Nun II ini bercerita tentang Dia sekarang mengajar di sebuah sekolah berasrama. Namun, Valak menemukannya lagi, dan Irene harus melindungi murid-muridnya. 

4. Annabelle (2014)

Annabelle adalah sebuah spin-off dan semacam prekuel, dirilis hanya satu tahun setelah film Conjuring pertama, . Di awal The Conjuring, keluarga Warren terlihat memberikan presentasi tentang boneka tersebut (dalam kehidupan nyata, boneka Annabelle disimpan di museum paranormal Warren).  

Film tahun 2014 ini memberikan latar belakang yang lebih dalam, menunjukkan bahwa pada tahun 1967, Annabelle menyiksa pasangan dan putri mereka yang baru lahir. 

5. The Conjuring (2013)


The Conjuring ini didasarkan pada kisah nyata tentang rumah pertanian Rhode Island yang berhantu. Dalam film tersebut, keluarga Warren datang membantu keluarga Perron, yang berjuang menghadapi kejadian aneh di rumah mereka pada tahun 1971. Tak lama kemudian, aktivitas poltergeist kecil berubah menjadi kerasukan setan dan tubuh melayang. 

6. Annabelle Comes Home (2019)


Pada tahun 1972, keluarga Warren meninggalkan kota untuk penyelidikan lain dan mereka menyewa pengasuh anak untuk menjaga putri mereka Judy di rumah mereka, tempat Annabelle juga diamankan. Namun, tidak lama kemudian, Annabelle lolos dari kurungannya dan memanggil iblis lainnya. Judy dan pengasuhnya harus melawan roh jahat dan berusaha agar tidak kerasukan. 

7. The Curse Of La Llorona (2019)

The Curse of La Llorona sebagian besar tidak ada hubungannya dengan film Conjuring lainnya dan didasarkan pada legenda Meksiko La Llorona, hantu pendendam yang menenggelamkan anak-anak. Satu-satunya hubungan antara film ini dan alam semesta Conjuring yang lebih besar adalah bahwa film tersebut menampilkan Pastor Perez, yang juga ada di Annabelle. 

Film ini dimulai pada 1673 dengan asal usul sang legenda dan memiliki lompatan waktu ke tahun 1973 di Los Angeles, di mana pekerja sosial Anna, yang diperankan oleh Linda Cardellini, terjerat dalam kejadian misterius.

8. The Conjuring 2 (2016)

The Conjuring 2 juga didasarkan pada kisah nyata tentang sebuah keluarga di luar London, yang putrinya diduga kerasukan. Dalam kehidupan nyata, keluarga Warren dipanggil untuk menyelidiki kepemilikan tersebut, dan keduanya mengklaim bahwa mereka menyaksikan furnitur bergerak dan suara-suara tanpa tubuh. 

Dalam film tersebut, yang berlatar tahun 1977, terungkap bahwa iblis Valaklah yang menyebabkan kerasukan tersebut, namun di luar layar, banyak yang skeptis terhadap peristiwa tersebut, yang kemudian dikenal sebagai Enfield Poltergeist. 

9. The Conjuring 3: The Devil Made Me Do It (2021)

The Conjuring: The Devil Made Me Do It berlatar tahun 1981 dan berpusat pada persidangan nyata Arne Cheyenne Johnson, yang membunuh bos kekasihnya. Pada tahun sebelumnya, keluarga Warren Bertemu Johnson ketika mencoba mengusir iblis dari seorang anak laki-laki yang dikenalnya. Diduga, saat pengusiran iblis Johnson menawarkan dirinya kepada iblis jika dia meninggalkan tubuh bocah itu.

Segera setelah itu, Johnson mulai bertingkat aneh dan terus menjadi semakin buruk, yang berpuncak pada pembunuhan terkenal. Kasus ini terus mendapat perhatian media dan telah dicatat dalam berbagai acara TV spesial dan buku The Devil in Connecticut tahun 1983. 

Meskipun film-film dalam The Conjuring Universe tidak terhubung langsung satu sama lain, mereka berbagi alam semesta yang sama dan terkait dengan investigasi paranormal pasangan suami istri Ed dan Lorraine Warren. 

Komentar